Inhil, kpktipikor.id-02/08/2025. Dalam rangka meningkatkan efisiensi dan pelayanan kepelabuhanan, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Cabang Tembilahan terus melakukan penguatan operasional, termasuk juga strategis dengan mitra resmi. Sabtu (02/08/2025)
General Manager (GM) Pelindo Tembilahan, Riky Armadi, menjelaskan bahwa pelindo terus tingkatkan pelayanan, tak terkecuali juga keberadaan koperasi yang telah berbadan hukum ini menjadi bagian dari sistem pendukung operasional Pelindo dalam melayani masyarakat, khususnya di terminal penumpang kapal tradisional.
“Kami di Pelindo berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa. Salah satu bentuk efisiensi yang kami lakukan adalah melalui kerja sama dengan koperasi resmi yang membantu dalam aspek teknis pelayanan,” ujar Riky.
Penarikan pas penumpang oleh koperasi merupakan salah satu bentuk kontribusi terhadap pemeliharaan fasilitas pelabuhan dan peningkatan kualitas layanan.
Pungutan tersebut, yang besarannya disesuaikan berdasarkan regulasi sejak tahun 2021, dilakukan secara legal dan transparan sesuai ketentuan yang telah disepakati bersama regulator, seperti KSOP, Pelindo, dan operator kapal.
Dana yang dikumpulkan dari mekanisme tersebut pun digunakan untuk menunjang berbagai kebutuhan teknis di lapangan, penunjang pelayanan di pelabuhan.
“Semua dilakukan dengan mengedepankan prinsip transparansi dan akuntabilitas. Kami terus memastikan bahwa seluruh proses berjalan sesuai aturan, dan manfaatnya kembali kepada pengguna jasa pelabuhan,” tambah Riky.
Pelindo Tembilahan juga terus membuka ruang komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak guna memastikan pelayanan pelabuhan tetap optimal dan terpercaya. Ke depan, Pelindo akan terus berinovasi dalam pengembangan pelayanan publik berbasis kebutuhan masyarakat serta mendukung pertumbuhan transportasi laut di Kabupaten Indragiri Hilir.
PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Cabang Tembilahan merupakan bagian dari BUMN Pelindo Group yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan dan logistik. Pelindo Tembilahan terus mendorong pelayanan berbasis efisiensi, kemitraan, dan penguatan infrastruktur untuk mendukung perekonomian wilayah pesisir timur Sumatra.
Dilaporkan wartawan kpktipikor. Heriansyah.
Tidak ada komentar